Selasa, 28 September 2010

Status Member Anda » Mr. Action Club

Rabu, 29/09/2010 09:58 WIB

Solusi Agar Si Kecil Menghabiskan Makanannya

Eya Ekasari - wolipop (detik)

Jakarta - "Habiskan nasinya, nanti nasinya menangis." Kalimat tersebut tentu sudah turun menurun diucapkan oleh seorang ibu pada anaknya yang tidak menghabiskan makanan. Kenyataannya, makanan yang tidak habis tidak selalu salah si kecil, terkadang hal tersebut bisa jadi kerena kesalahan sang ibu.

Sadarkah Anda bahwa porsi si kecil berbeda dengan porsi makan orang dewasa? Oleh karena itu, bedakan porsi makan anak dengan porsi Anda.

Ada kalanya si kecil makan dengan porsi yang banyak. Namun, hal tersebut biasanya terjadi karena habis melakukan aktivitas yang melelahkan.

Untuk menghindari si kecil tidak menghabiskan makanannya, sebaiknya berikan porsi yang tepat. Normalnya, anak pada usia satu tahun porsinya hanya sepertiga dari porsi orang dewasa.

Untuk anak yang berusia tiga tahun, porsi yang pas untuknya adalah setengah dari porsi orang dewasa. Sedangkan untuk anak yang berusia diatas enam tahun, porsi yang tepat untuknya sekitar duapertiga porsi orang dewasa.

Jika Anda kesulitan untuk menentukan porsi yang tepat untuk si kecil, maka berikanlah porsi kecil untuk anak. Tanyakan pada si kecil apakah ia masih lapar atau tidak. Cara ini lebih efektif daripada memaksanya menghabiskan makanan yang porsinya melebihi kapasitas perut si kecil, seperti yangt dikutip dari eatinghealth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar